Diberdayakan oleh Blogger.

Penyebab dan Gejala Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis adalah penyakit hidung yang terjadi akibat radang pada membran sinus (dinding sinus). Sinus ini adalah rongga dalam bagian wajah Anda yang berisi udara. Permukaan sinus ini diselaputi kulit yang mengeluarkan lendir atau pun hingus. Resdung terjadi akibat dari alergi terhadap debu, makanan, asap, infeksi bug, tungau atau kutu.


Jika dibiarkan atau pun tidak diobati dengan obat penyakit sinusitis, radang pada ruang sinus akan menyebar ke seluruh bagian kepala pesakit.Ia menyebabkan radang pada tulang tengkorak yang disebut osteomyelitis .Radang ini akan menyebar ke bagian mata yang mengakibatkan kelopak mata sakit dan membengkak.Pandangan akan menjadi kabur dan bisa menjadi buta bila sampai pada tingkat kronik.Radang ini juga dapat menyebar ke selaput otak yang mengakibatkan meningitis.Sekiranya sinus dibiarkan, ia juga mematikan.

Penyebab dan Gejala Penyakit Sinusitis


Infeksi kuman dan virus yang berulangkali pada rongga hidung, menyebabkan seseorang mendapat demam dan pilek

Struktur tulang hidung yang abnormal seperti patah akibat kecelakaan dan sebagainya juga salah satu faktor.Ini disebabkan daerah rongga yang tersumbat dan terinfeksi kuman.sesiapa yang memiliki struktur hidung yang sengat atau disebut deviated nasal septum juga berisiko tinggi mendapat sinus.

Kuman atau pun bakteri dari gigi atas yang rusak atau sakit akan menyebar ke daerah rongga sinus. Kebiasaan menyelam ke dalam sungai yang kotor atau laut yang tercemar. Kebiasaan mencabut bulu hidung juga harus dihindari keran bulu hidung bertindak sebagai filter debu atau benda asing yang ada di udara.

Gejala-gejala penyakit sinusitis:

  1. Hidung tersumbat dan sering bersin.
  2. hidung sering berhingus terutama ketika makan benda pedas.
  3. hidung sering berdarah dan bernanah.
  4. rambut rontok dan ketombe.
  5. sakit kepala.
  6. jerawat pada punggung.
  7. muka terasa gatal seperti ada benda merayap dan jerawat bernanah pada wajah.

Tips untuk mengurangi gejala atau pun mencegah redung ini adalah coba kurangi debu dirumah Anda, diantaranya dengan menerapkan kebersihan di rumah seperti mengelap lantai rumah sering menjemur karpet, kasur dan bantal, membesih karpet dengan vacuum hampagas.jangan memelihara binatang berbulu di rumah seperti kucing, kelinci dan lain-lain.Sentiasa mengganti seprai dan sarung bantal minimal 2 minggu sekali.

Metode pengobatan untuk penyakit sinusitis ini adalah perawatan endoskopi dengan memasukkan tabung kecil kedalam rongga sinus, setelah daerah tersebut terdeteksi penyebab terjadinya sinusitis, daerah itu akan dibersihkan dengan menyedot daerah infeksi, biasanya benda yang tersedot itu adalah ingus kental atau kotoran yang kita hirup sendiri seperti debu yang ada dalam udara.Ia melekat pada membran sinus.Sekiranya serius operasi kecil juga perlu dilakukan untuk membuang area yang terkena infeksi.

0 Responses to “Penyebab dan Gejala Penyakit Sinusitis”

Posting Komentar